# # # # # # #
Hati-hati penipuan mengatasnamakan UPT BKN Jambi

Prototype Sistem CAT

Banyak media tes yang digunakan dalam pelaksanaan seleksi kompetensi. Ada pihak yang menggunakan tes tertulis, wawancara, atau tes praktek. Banyak pihak yang mempergunakan tes untuk tujuan-tujuan prediksi guna menyaring serta memilih calon-calon yang berpotensi sukses di bidang pendidikan dan pekerjaan-pekerjaan lain. Di mana perhatian lebih banyak diarahkan pada pemecahan masalah praktis dan pembuatan keputusan, dan bukannya pada hal-hal yang melatarbelakangi hasil tes. Di era teknologi informasi perkembangan IPTEK sangat mempengaruhi kebutuhan atas metode tes yang akan digunakan dalam pelaksanaan tes, harapannya agar pelaksanaan tes dapat berjalan dengan efisien, efektif, akuntabel, obyektif, dan transparan.

BKN sebagai institusi yang bertanggung jawab di bidang manajeman ASN dituntut mampu membangun system rekrutmen yang transparan, obyektif, bebas KKN, dan akuntabel. Sistem rekrutmen ASN yang dibangun berbasis komputer untuk menciptakan kredibilitas instansi pemerintah dalam penerimaan pegawai ASN, sekaligus menyaring para pegawai yang mumpuni di bidangnya sesuai dengan formasi jabatan yang dilamar. Terkait dengan rekrutmen pegawai baru di public sector tidak terlepas dari formasi jabatan yang akan dilamar. Untuk mewujudkan hal tersebut, BKN di bawah Ditrekinpeg
membangun sebuah protipe aplikasi
Computer Assisted Test (CAT) System.

  1. Prototipe CAT System menjadi bahan untuk membuat atau merancang sebuah grand design CAT System untuk meningkatkan mutu hasil rekrutmen dan seleksi pegawai dengan karakteristik:
  2. Aplikasi dijalankan pada komputer dengan platform windows atau open source yang berbasis WEB.
  3. Aplikasi menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor komputer.
  4. Aplikasi disertai video gerakan mouse, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.
  5. Tutorial disertai teks yang berisi perintah pada layar monitor komputer agar peserta tes dapat langsung memahami dan tidak kesulitan dalam mempraktekkannya.

Sumber : Buku CAT BKN untuk Indonesia, dipublikasi oleh Biro Humas dan Protokol BKN