# # # # # # #
Hati-hati penipuan mengatasnamakan UPT BKN Jambi

Ketua KASN: Revisi UU ASN Mandulkan Pelaksanaan Sistem Merit

Ketua KASN: Revisi UU ASN Mandulkan Pelaksanaan Sistem MeritKetua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Effendi dalam diskusi dengan pers di Kementerian Sekretariat Negara.

Jakarta-Humas BKN, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Sofian Effendi dalam diskusi dengan pers pada selasa (18/1) di Kementerian Sekretariat Negara, mengatakan revisi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) justru akan menimbulkan pemandulan pelaksanaan sistem merit dalam manajemen SDM ASN, membubarkan KASN dan multiplier effect dari transaksi jabatan.

Lebih lanjut Sofian juga mengkhawatirkan akan suburnya jual beli jabatan di pusat dan daerah sebagai dampak dari pilkada serentak yang akan dilakukan pada tahun 2017 ini. Sekitar 29.113 jabatan pimpinan ASN yang dapat diperjualbelikan dapat mencapai angka 33-35 triliun dan multiplier effect dari transaksi jabatan akan membebankan anggaran daerah sebanyak 3 sampai 4 kali pengeluaran mereka dan akibatnya Negara akan mengalami kerugian sebesar Rp 105 s/d 120 triliun per periode pergantian pejabat. Pokok revisi UU ASN ini juga terkait mengenai tenaga honorer yang akan diangkat dan berjumlah 1,2 juta orang, itu sama saja membuka potensi jual-beli jabatan otomatis terbuka lebar. "Apalagi dalam musim pilkada seperti ini, anggota dewan pasti akan mendukung revisi untuk dapat memenangkan pilkada untuk tahun berikutnya, ujar Sofian."

peserta dan pers media mengikuti diskusi mengenai revisi UU ASN

Seharusnya pemerintah harus dapat lebih memikirkan bagaimana APBN yang akan dikeluarkan apabila 1,2 juta honorer di angkat. Dengan pengangkatan ini harus dipikirkan juga ketika di angkat menjadi PNS hingga pensiun. Di sisi lain, UU ASN yang telah berjalan selama dua tahun terakhir dianggap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kurang dapat mengakomodir penyelesaian masalah Tenaga Honorer, Pegawai Tidak Tetap (PTT), harian lepas, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, DPR berencana melakukan revisi UU ASN. (dey/mia)

Sumber : http://www.bkn.go.id/berita/ketua-kasn-revisi-uu-asn-mandulkan-pelaksanaan-sistem-merit

Berita Terkait : Kepegawaian